Senin, 30 Juni 2014

Tour Leader

Bekerja dan Berwisata

Dalam dunia pariwisata terdapat banyak aspek dan faktor pendukung yang menggerakkan roda pariwisata yang saling terkait satu sama lain, salah satu aspek dari dunia pariwisata khususnya perjalanan wisata yaitu Tour Leader (TL).

Tour Leader
Tour Leader (TL) adalah salah satu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pariwisata, peran dan kontribusi seorang Tour Leader (TL) sangat penting demi kesuksesan dan bahkan kelancaran sebuah kegiatan wisata karena TL akan selalu berinteraksi dengan rombongan dan pihak-pihak di lokasi wisata selama pelaksanaan kegiatan wisata tersebut berlangsung.

Banyak penyedia jasa pariwisata yang menawarkan kagiatan perjalanan wisata baik bagi masyarakat umum, instansi, sekolah bahkan individu. Masing-masing memiliki senjata, strategi serta trik dalam menarik minat masyarakat dalam berwisata dan salah satu ujung tombak para agen perjalanan tersebut adalah Tour Leader (TL).

Berfoto di sela mengawal Rombongan
Seorang TL harus pandai membaca situasi, mampu berpikir cepat dalam mengambil keputusan dan bertindak tepat pada suatu kondisi, ia juga dituntut untuk pandai berkomunikasi dan menjadi 'pencair suasana' dalam suatu kegiatan/perjalanan wisata, untuk itu ia harus mampu dengan cepat membaur, beradaptasi dengan seluruh rombongan dan mengakomodir apa yang menjadi keinginan peserta perjalanan wisata.

Santai sejenak sebelum memulai aktifitas mengawal rombongan
Disamping kemampuan membaca situasi, adaptasi dan sosialisasi, seorang TL pun wajib mengetahui garis besar informasi dari lokasi yang akan dikunjungi serta memahami rute dan jalur yang akan dilalui selama kegiatan perjalanan wisata tersebut berlangsung.
Saat Survei di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Itulah mengapa posisi TL menjadi posisi yang sangat penting dan krusial, oleh sebab itu setiap agen perjalanan menerapkan standar dan kriteria khusus bagi TL yang akan menyandang nama dan bendera agen perjalanan tersebut.


TL bersama Crew Bus Pariwisata
Bila dijabarkan, maka tugas pokok seorang tour leader adalah untuk memimpin, memandu atau mengawal sebuah perjalanan wisata yang dilakukan oleh sekelompok orang.

Salah satu objek kunjungan di Pulau Bali
Selain itu TL  juga mendapat tugas-tugas khusus seperti: memperkenalkan profil perusahaan; berterima kasih kepada peserta tour karena sudah memakai jasa perusahaan tempat di mana dia bekerja; memimpin doa sebelum tour dimulai; membagikan dan menjelaskan jadwal perjalanan kepada peserta tour; menghibur peserta tour; menghubungi hotel atau rumah makan yang nantinya akan digunakan oleh peserta tour; dan menampung saran atau kritik dari peserta tour.

Nilai Plus menjadi Tour Leader

Layaknya mata uang, selalu ada dua sisi yang menghiasi, terlepas dari semua persyaratan maupun standar yang diterapkan kepada seorang TL, selalu ada sisi lain yang menyenangkan dapat ditemui dari pekerjaan ini. Bertambahnya pengalaman, kemampuan beradaptasi dan keahlian sosialisasi, juga meningkatnya ke-PD-an..ya, karena anda dituntut untuk berbicara dihadapan banyak orang dan terkadang harus mengeluarkan ilmu ke-sok tahuan dalam meng-handle situasi-situasi tak terduga yang terkadang justru menjadi kenangna termanis dalam sebuah perjalanan wisata.

Ikut menikmati suasana sore di Pura Luhur Ulu Watu, Pulau Bali
Namun diantara kesemua keasyikan dan hal meyenangkan itu, mungkin ada satu yang menjadi idaman banyak orang, ya, apalagi kalau bukan jalan-jalan gratis.

Poin terakhir yang satu itu benar-benar bisa menjadi magnet yang menyenangkan bagi siapa saja, siapa yang mampu menolak untuk merasakan atmosfir liburan dan berwisata ke objek-objek tertentu tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun.

Ikut menikmati suasana bersama wisatawan lain
Terlebih bagi mereka penggemar travelling atau mungkin para pecinta bus, pekerjaan ini bisa jadi sangat cocok dengan hasrat mereka.
Survei Sore di Pantai Kuta
Pergi ke berbagai lokasi wisata dan objek kunjungan untuk menikmati suasana baru, menginap di berbagai hotel, guest house, wisma atau pondok tepi pantai untuk pengalaman baru, dengan beragam bus pariwisata, mulai kelas biasa dengan angin jendela hingga bus pariwisata bintang lima dengan coffee maker, wi-fi dan lemari es full free snack nya.

Ikut serta menikmati suasana
Tour Leader (TL) mungkin saat ini hanya dipandang sebelah mata, namun seiring waktu, kecenderungan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan hiburan, liburan dan refreshing, maka bidang pekerjaan yang satu ini bisa dibilang cukup menjanjikan.
Wisata dan refreshing kini mulai mengalami pergeseran, dari yang sebelumnya hanya urusan pilihan, kini menjadi urusan yang relatif diwajibkan.

Jadi, bagi anda yang ingin merasakan sensasi bekerja yang berbeda, mungkin bisa mencoba bidang pekerjaan yang satu ini..selamat berwisata, selamat jalan-jalan!


-cc. Adhenia Tour-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar